Fitur Baru MacOS Sonoma, Akses Website Layaknya Buka Aplikasi

Fitur Baru MacOS Sonoma, Akses Website Layaknya Buka AplikasiFitur Baru MacOS Sonoma, Akses Website Layaknya Buka Aplikasi

KOMPAS.com – Sistem operasi “OS” untuk perangkat dekstop Apple, MacOS Sonoma yang versi stabil sudah dapat diunduh oleh seluruh para pengguna.

Sebagai versi terbarunya, MacOS Sonoma ini yang membawa sejumlah peningkatan dan fitur baru untuk dapat menunjang produktivitas bagi penggunanya. Salah satunya adalah pengguna bisa mengakses sebuah website yang layaknya aplikasi.

Cara kerja fitur ini yang cukup unik. Misalkan pengguna mau mengakses berita maka alamat website bisa disimpan dalam bentuk ikon aplikasi. Setelah disimpan ikon itu akan langsung memunculkan favicon “Logo” website atau perusahaan.

Pengguna hanya perlu mengklik ikon aplikasi di Dock setelah itu safari akan langsung mengarahkan pengguna ke halaman landing page dari kanal Kompas Tekno.

Bukan hanya situs berita saja pengguna juga bisa menyimpan segala macam halaman website yang menyesuaikan kebutuhan.

Cara Menyimpan Website Jadi Aplikasi di MacOS Sonoma

Cara menggunakan fitur ini ialah dengan membuka Safari. Lalu kunjungi halaman website yang mau disimpan. Klik “File” di taskbar atas pilih “Add to Dock”.

Akan muncul jendela pengaturan dan pengguna akan diminta untuk memberi nama untuk ikon aplikasi beserta alamat website yang mau disimpan. Jika sudah klik Add maka Ikon akan muncul otomatis di Dock. Jika ingin menghapusnya pengguna bisa mengarahkan kursor ke ikon yang mau dihapus. Klik ikon dengan gestur dua jari lalu pilih “Remove from Dock”.

Sementara itu, jika ingin menghapus web apps yang sudah disimpan, pengguna bisa kunjungi Launch Pad. Klik dan tahan Ikon yang mau dihapus sampai akan muncul tanda silang di ujung kiri logo. Klik saja tanda silang untuk menghapus Ikon selamanya.

Fitur yang dihadirkan ini cukup efektif dan juga dapat mempermudah pengguna untuk mengakses sebuah platform di internet. Pengguna yang sering mengakses website tertentu secara rutin dapat memanfaatkan fitur ini.

Ketika memanfaatkan fitur ini pengguna jangan langsung tutup jendela aplikasi jika masih mau digunakan. Baiknya lakukan “Minimize” jika tidak setiap kali gangguan maka penutup dan juga pembuka, maka kita perlu waktu untuk melakukan loading ulang.

Baca Juga : Ramai Soal Gmail Akan Ditutup Tahun Ini, Ini Faktanya

Related Post

error: Content is protected !!