Tinggalkan Android: Ini Janji Huawei

Nov 24, 2023 #Android #HarmonyOS #Huawei
Tinggalkan Android: Ini Janji HuaweiTinggalkan Android: Ini Janji Huawei

Huawei baru saja mengumunkan rencananya untuk beralih dari HarmonyOS ke HarmonyOS Next yang tidak lagi mendukung aplikasi Android. Kabar ini membuat pengguna ponsel Huawei di luar khawatir tidak bisa mengakses aplikasi di luar. China khawatir tidak bisa mengakses Android lagi.

Seperti yang diketahui HarmonyOS selama ini memang tidak menggunakan Google Mobile Service. Namun masih mendukung sejumlah aplikasi Android yang bisa diinstal lewat APK.

Menurut China Mobile, Huawei ini akan terus meningkatkan dukungannya kepada deceloper di seluruh dunia. Vendor ponsel adal China ini sudah memiliki komunitas developer. Yang memastikan aplikasi Android dari toko apkikasi pihak ketiga bisa digunakan dengan lancar di ponselnya.

GSM Arena mengatakan eksekutif Huawei sudah menjamin bahwa dukungan untuk ponsel dan tablet di pasar global akan tetap tumbuh. juga mengklaim masih terjadi produsen software dan hardware yang besar di bisnis ponsel.

Huaweii sudah meliris developer preview HarmonyOS mengonfirmasi bahwa ponsel dan tablet yang dijual secara global masih akan menggunakan branding EMUI sampao konsumen suap menerima transisi ke HarmonyOS.

Huawei Bakal Benar-Benar Tinggalkan Android

Huawei sejak tahun 2019 nemang sudah tak menggunakan Google Play Service, Namun masih mendukung beberapa aplikasi Android. Namun untuk kedepannya akan benar-benar meninggalkan Android.

Ini adalah rencana jangka panjang yang dilakukan sejak 2021. tepatnya mereka meluncurkan HarmonyOS, Sistem operasi dan Android yang tetap mendukung sideload apliksi Android.

Namun dalam HarmonyOS next, yang pertama diumumkan pada awal 2023 di konferensi Huawei, dukungan Android itu akan dihilangkan. Kata Next di nama OS tersebut berarti HarmonyOS versi murni tanpa librarier Android.

harmonyOS 4 menggunakan Ark Engine baru yang diklaim punya performa 20% lebih baik dibanding pendahulunya. Efeknya membuka aplikasi bisa lebih cepat dan animasi bisa lebih mulus tanpa menghabiskan lebih banyak daya.

OS ini juga dilengkapi sejumlah di bagian keamanan termasuk sistem permission yang lebih baik. Peringatan sebelum instalasi aplikasi dan pembatasan akses terhadap data pribadi.

Baca Juga : Sunbird Matikan Aplikasi iMessage untuk Android

Related Post

error: Content is protected !!