HP Kehujanan? Tindakan yang Dilakukan Menghindari Kerusakan

Feb 28, 2024 #HP #Kemasukan Air
HP Kehujanan? Tindakan yang Dilakukan Menghindari KerusakanHP Kehujanan? Tindakan yang Dilakukan Menghindari Kerusakan

KOMPAS.com – Pengguna penting untuk dapat mengetahui dalam tindakan yang dapat mencegah kerusakan HP akibat kondisi tertentu. Salah satu tindakan itu ialah cara mengatasi HP kemasukan air karena kehujanan.

HP kehujanan banyak mungkin terjadi, terutama ketika pengguna sedang melakukan perjalanan saat kondisi sedang hujan. Saat hujan, HP dapat terkena atau terpapar air dengan intensitas yang tinggi. Ini dapat mengakibatkan air hujan masuk ke dalam celah-celah HP.

Kondisi paling parah ini mungkin terjadi ialah air hujan bisa masuk serta mengendap di dalam HP. Apabila air hujan dibiarkan mengendap di HP, komponen-komponen yang ada di dalamnya akan mengalami kerusakan.

Untuk mencegah kerusakan komponen karena HP kehujanan pengguna penting untuk mengetahui cara mengatasinya. Jika anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjutnya silakan simak pada penjelasan di bawah ini mengenai beberapa cara mengatasi HP kemasukan air karena kehujanan.

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air Karena Kehujanan

Cara mengatasi HP kemasukan air karena kehujanan itu sangat cukup mudah. Untuk mencegah kerusakan akibat kondisi itu, para pengguna tak perlu panik dan bisa melakukan beberapa hal.

Beberapa cara mengatasi HP kemasukan air karena kehujanan ialah sebagai berikut.

  1. Matikan HP
    Jika HP kemasukan air dan dicoba untuk dinyalakan. Tindakan ini dapat menyebabkan hubungan arus pendek pada komponen penting. Oleh sebab itu, setelah tau HP kehujanan baiknya langsung matikan HP.
  2. Jangan Cas HP
    Supaya tidak terjadi korsleting pada HP, pengguna juga perlu untuk menghindarkan HP dari arus listrik. Jadi, saat HP baru terkena air karena kehujanan, pengguna tidak disarankan untuk mengisi dayanya.
  3. Posisikan HP Dengan Benar
    Saat kemasukan air karena kehujanan, segera posisikan HP anda dengan benar. Letakkan HP dengan posisi speaker arah kebawah. Lalu, goyangkan secara perlahan. Tujuannya agar air bisa dapat perlahan menetes keluar.
  4. Keringkan HP
    Pengguna dapat mengeringkan permukaan yang terpapar air. Untuk dapat mengeringkannya, pengguna dapat mengusap-usap HP menggunakan kain yang berbahan lembut seperti kain pembersih kacamata atau kain microfiber.
  5. Gunakan Aplikasi Untuk Mengeluarkan Air dari HP
    Terakhir pengguna dapat menggunakan aplikasi untuk mengeluarkan dari HP. Adapun aplikasi untuk dapat mengeluarkan air dari HP ialah aplikasi yang bisa memutar atau menghasilkan suara bernada tinggi dan juga getaran.

Baca Juga : Apa Itu LLM? Mengenak Program di Balik Komputer Al

Related Post

error: Content is protected !!