Emulator Nintendo Delta Resmi Hadir di iOS, Buat Main Game!!

Apr 21, 2024 #Emulator Nintendo Delta #iOS
Emulator Nintendo Delta Resmi Hadir di iOS, Buat Main Game!!Emulator Nintendo Delta Resmi Hadir di iOS, Buat Main Game!!

KOMPAS.com – Aplikasi Delta-Game Emulator kini resmi dirilis gratis di toko aplikasi Apple App Store. Delta Emulator juga dapat diunduh di toko aplikasi pihak ketiga AltStore PAL untuk pengguna di Uni Eropa.

Delta Emulator ini digunakan untuk memainkan game-game konsol Nintendo “jadul” seperti Nintendo Entertainment System (NES), Super Nintendo Entertainment System (SNES), Nintendo 64, Game Boy Color, Game Boy Advance serta Nintendo DS.

Pilihan game yang dapat untuk dinikmati pengguna cukup beragam, mulai dari Pokemon Platinum, Super Mario World, The Legend of Zelda: Ocarina of Time, hingga Super Smash Bros.

Aplikasi iOS besutan developer bernama Riley Testut ini sebenarnya sudah dirilis sejak tahun 2019 lalu. Namun bagi pengguna iPhone yang ingin menginstal Delta Emulator di ponselnya harus melakukan hack atau jailbreak terlebih dahulu pada perangkatnya.

Delta Emulator bukanlah emulator pertama yang dirilis

Ada emulator iGBA yang mengambil kode dari emulator GBA4iOS buatan Riley Testut (pendahulu Delta Emulator) dan ada juga emulator NES bernama Bimmy.

Keduanya memiliki umur yang pendek, karena Apple menghapus iGBA karena masalah spam dan hak cipta. Sedangkan Bimmy dihapus karena pengembangnya khawatir akan digugat Nintendo, seperti dikutip KompasTekno dari The Verge, Jumat (19/4/2024).

Nintendo sendiri sedang aktif menindak emulator konsol besutannya. Pengembang emulator Nintendo Switch Yuzu, misalnya, menghentikan operasinya setelah Nintendo menggugatnya.

Pengembang emulator Nintendo GameCube dan Wii, Dolphin, memilih menyerah untuk mengembalikan aplikasinya ke platform distribusi Steam. Pasalnya, mereka menerima email bernada ancaman dari Nintendo.

Ada juga dukungan cheat Game Genie, Pro Action Replay, GameShark, dan Code Breaker. Dukungan penggunaan desain pengontrol (skin) yang diunduh di internet, Haptic touch, serta tombol Hold yang memungkinkan Delta menahan tombol yang diatur oleh pengguna.

Seluruh game, progres game, cheat, skin pengontrol, dan pengaturan pengontrol akan disinkronkan di Google Drive dan Dropbox. Sehingga pengguna dapat beralih ke perangkat iOS lain dengan mudah.

Baca Juga : Penyalahgunaan AI: Media Sintetis Meretas Akun Rp 400 Miliar

Related Post

error: Content is protected !!