NotebookLM, AI Bikinan Google Khusus Penelitian Hadir di Indonesia

NotebookLM, AI Bikinan Google Khusus Penelitian Hadir di IndonesiaNotebookLM, AI Bikinan Google Khusus Penelitian Hadir di Indonesia

KOMPAS.comGoogle memperluas ketersediaan asisten penelitian dan penulisan berbasis AI, bernama “NotebookLM“, ke lebih dari 200 negara dan wilayah yang ada di seluruh dunia.

Google sebenarnya mengumumkan NotebookLM sebagai software eksperimental pada Juli 2023. Kini, ketersediaan NotebookLM versi eksperimental telah diperluas ke lebih banyak negara, termasuk Indonesia.

Sebenarnya NotebookLM mirip dengan chatbot Google Gemini. Bedanya, NotebookLM didesain sebagai alat AI yang fokus membantu pengguna memahami dan mengeksplorasi materi yang kompleks.

Misalnya, pengguna mengunggah tiga jurnal sebagai referensi skripsi ke NetebookLM. Pengguna dapat menanyakan perbedaan/persamaan topik yang diangkat, teori/konsep penelitian yang digunakan, temuan/hasil penelitian, dan lain sebagainya.

Dari jawaban AI NotebookLM diharapkan pengguna akan lebih mudah dalam mencari ide bahkan mulai menulis sendiri tesis (atau naskah lainnya).

Google Didukung Gemini 1.5 Pro

Menariknya, NotebookLM kini hadir dengan kemampuan yang ditingkatkan. Salah satunya adalah dukungan model AI paling mumpuni milik Google, yakni Gemini 1.5 Pro.

Dengan Gemini 1.5 Pro, NotebookLM menjadi lebih canggih dengan memungkinkan pengguna bertanya tentang gambar, bagan, diagram yang terdapat pada materi sumber yang diunggah.

Upgrade NotebookLM ini juga memperkenalkan beberapa fitur baru antara lain:

  • NotebookLM kini mendukung Google Slide dan URL web sebagai sumber, bersama dengan Google Dokumen, PDF, dan file teks.
  • Kutipan sebaris kini dapat mengarahkan pengguna langsung ke sumber kutipan di file sumber pengguna. Dengan model kutipan ini, kata Google, pengguna dapat dengan mudah memeriksa ulang tanggapan AI atau mempelajari lebih dalam teks aslinya.
  • Terdapat Notebook Guide (panduan buku catatan). Fitur ini memungkinkan pengguna dapat ringkasan materi secara otomatis.

Uniknya, pengguna bisa mendapatkan ringkasan dalam format lain. Misalnya format “FAQ” (pertanyaan yang sering diajukan). Dengan format FAQ, AI NotebookLM akan merinci beberapa poin pertanyaan yang mungkin sering ditanyakan mengenai materi yang diunggah oleh pengguna, termasuk jawabannya.

Ada juga format “Panduan Belajar”, yang menyajikan beberapa pertanyaan kuis/esai, beserta jawabannya. Terdapat format “Garis Waktu” untuk merangkum garis waktu penting (berdasarkan tahun/bulan) dalam materi sumber.

Baca Juga : Valorant Resmi Hadir di Konsol, Dapat Dimainkan di PS5

Related Post

error: Content is protected !!