Spacetop G1 Dirilis, Laptop AR Pertama di Dunia Tanpa Layar Fisik

Jun 24, 2024 #Laptop AR #Spacetop G1
Spacetop G1 Dirilis, Laptop AR Pertama di Dunia Tanpa Layar FisikSpacetop G1 Dirilis, Laptop AR Pertama di Dunia Tanpa Layar Fisik

KOMPAS.com – Perusahaan teknologi Israel Sightful resmi meluncurkan laptop Spacetop G1 yang diklaim sebagai laptop augmented reality (AR) pertama di dunia. Laptop ini sudah diperkenalkan sejak Januari lalu.

Augmented reality atau augmented reality merupakan teknologi yang menampilkan konten digital di dunia nyata. Laptop Spacetop G1 tidak memiliki layar fisik konvensional sehingga berbeda dengan laptop pada umumnya.

Sebagai gantinya, Spacetop G1 dibekali kacamata NReal yang mampu menampilkan layar virtual selebar 100 inci. Layar besar ini hanya bisa dilihat oleh pengguna berkacamata.

Pengguna dapat menggunakan layar ini secara keseluruhan, atau “membaginya” menjadi beberapa jendela, misalnya satu jendela digunakan untuk membuka browser, dan jendela lainnya digunakan untuk perangkat lunak Microsoft PowerPoint.

Kacamata yang disambungkan ke laptop melalui kabel ini menggunakan dua layar OLED di setiap lensanya, dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel per lensa, refresh rate 90 Hz, dan bidang pandang diagonal 50 derajat.

Spesifikasi Spacetop

Spesifikasi Spacetop G1 lainnya mencakup dua port USB-C, Wi-Fi 7, konektivitas 5G, Nano-SIM, eSIM, Bluetooth 5.3, webcam 5 MP, speaker dan mikrofon yang telah dioptimalkan untuk rapat online.

Port USB-C ini dapat digunakan untuk menyambungkan aksesori seperti monitor eksternal. Dengan begitu, “ruang kerja” pengguna akan menjadi lebih luas.

Spacetop G1 didukung baterai 60 Wh yang diklaim mampu bertahan hingga delapan jam. Jika habis, baterai ini bisa terisi hingga 85 persen dalam waktu kurang dari dua jam.

Harga Spacetop G1

Spacetop G1 sekarang dapat dibeli (pre-order) di Amerika Serikat melalui situs resmi Sightful. Laptop AR pertama di dunia akan dikirimkan pada Oktober 2024.

Harga Spacetop G1 dibanderol 1.700 dollar AS (sekitar Rp 27,9 juta) dari harga eceran (SRP) 1.900 dollar AS (sekitar Rp 31,2 juta).

Pengguna bisa memesan (memesan) Spacetop G1 dengan deposit sebesar 100 dollar AS (sekitar Rp 1,6 juta). Deposit ini dapat dikembalikan, seperti dikutip KompasTekno dari Tech Radar.

Baca Juga : Tablet Android Lenovo Tab Plus Meluncur dengan 8 Speaker JBL

Related Post

error: Content is protected !!