Ciri-Ciri Email Phishing yang Perlu Diwaspadai dan Cara Mencegahnya

Ciri-Ciri Email Phishing yang Perlu Diwaspadai dan Cara MencegahnyaCiri-Ciri Email Phishing yang Perlu Diwaspadai dan Cara Mencegahnya

KOMPAS.comPhishing merupakan salah satu jenis kejahatan siber berupa tindakan penipuan yang dilakukan oleh individu untuk mendapatkan informasi pribadi atau data sensitif dari korbannya, seperti password, nomor kartu kredit, atau informasi akun.

Salah satu upaya phishing dapat dilakukan melalui email. E-mail phishing sendiri merupakan salah satu jenis penipuan cyber dimana pelaku mengirimkan email yang sepertinya berasal dari sumber terpercaya.

Tujuan email phishing adalah untuk memikat korban agar memberikan informasi pribadi atau data sensitif mereka. Email ini sering kali menyamar sebagai pesan dari bank, perusahaan jasa, atau organisasi sah lainnya.

Selain itu, email phishing jenis ini sering kali berisi tautan ke situs web palsu yang meminta pengguna memasukkan informasi pribadinya. Untuk meningkatkan kewaspadaan Anda terhadap email phishing yang mencurigakan, pelajari lebih lanjut tentang karakteristiknya.

Nama Domain yang Mencurigakan

Memperhatikan nama domain email merupakan langkah penting dalam mengidentifikasi email phishing. Biasanya domain email phishing memiliki beberapa ciri yang dapat dikenali.

  • Pertama, mereka sering menggunakan alamat email domain publik, seperti [email protected] atau perusahaan @yahoo.com, yang tidak boleh digunakan oleh perusahaan resmi.
  • Kedua, nama domain mungkin memiliki kesalahan ejaan atau variasi yang kurang jelas dari nama organisasi aslinya, misalnya company.com atau company.net.

Selain itu, domain tersebut mungkin rumit dan menyertakan beberapa subdomain tambahan yang membuatnya tampak lebih rumit daripada domain perusahaan asli.

Top-level domain (TLD) juga mungkin tidak biasa dan tidak umum digunakan oleh perusahaan terkenal, seperti .com, .net, .org, atau .co.id. Jika Anda menemukan domain yang mencurigakan, langkah terbaik adalah menghubungi langsung perusahaan tersebut untuk memastikannya.

Anda dapat mengunjungi situs resmi mereka dan memeriksa halaman “Tentang Kami” untuk mendapatkan alamat email yang benar dan memastikan bahwa email yang Anda terima benar-benar berasal dari sumber yang sah.

Baca Juga : Bocoran Xiaomi Mix Fold 4, Bakal Jadi Smartphone Lipat Tertipis?

Related Post

error: Content is protected !!