5G Sudah Mulai Dipakai Namun Indonesia Masih Jalan di Tempat?

Nov 7, 2023 #5G #pengembangan #Teknologi 5G
5G Sudah Mulai Dipakai Namun Indonesia Masih Jalan di Tempat?5G Sudah Mulai Dipakai Namun Indonesia Masih Jalan di Tempat?

Teknologi 5G dinegara lain sudah melalui tahapan pengembangan. Namun tidak dengan di Tanah Air pasalnya tekonolgi ini seakan tidak ada kemajuan sama sekali. Banyak yang sudah mengharapkan terkait perkembangan dan penggunaan teknologi ini.

Namun sampai sekarang belum ada informasi jelasnya terkait teknologi satu ini. Lalu apakah dengan tidak adanya perkembangan teknologi satu ini. Maka Indonesia mungkin akan langsung loncat ke jaringan generasi keenam alias 6G?. Begini kata Roni Nurmal, selaku Director Ericsson Indonesia yang menjabat saat ini.

Melansir dari detik.com dalam acara the 2nd MASTEL’s 5G Summit yang digelar di Hotel JS Luwans. Roni mengkonfirmasi perihal soal diskusi yang belakangan ini membahas kendala teknologi.

Yakni mengapa Indonesia tidak sekalian menunggu 6G saja dalam pembaharuannya. Menurut dirinya sendiri akan sangat terlambat kalau harus menunggu kedatangan teknologi yang tidak bisa dipastikan tersebut.

Dalam pidatonya tersebut dia pun sekali lagi menegaskan. Bahwasanya akan sangat susah mengejar ketertinggalan teknologi satu ini dari negara lain.

Apabila Indonesia tidak segera mengimplementasikan teknologi 5G maka teknologi bangsa lain tidak akan bisa terkejar.

Alasan 5G Harus Segera Direalisasikan

Namun sayang perihal yang beliau sampaikan dalam wawancaranya tersebut sampai saat ini harapannya tidak sesuai dengan realita yang ada.

Teknologi 5G sampai sekarang yang dirasakan masih seakan jalan di tempat. Setidaknya ada dua hal penting yang menjadi hambatannya dalam pengembangan teknologi satu ini, yakni mengenai spektrum dan ekosistem.

Hambatan keduanya saat ini memang menjadi fokus utama. Dimana para pelaku industri sendiri sangat ingin sekali itu bisa segera terealisasikan. Mereka berharap bahwasanya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Bisa mewujudkan dan merealisasikannya dalam penggunaannya.

Curahan hati ini dan juga ungkapan ini sebelumnya sempat diutarakan oleh Ronald Limoa, Act. Selaku Vice President Technology PT Telekomunikasi Selular. Dan juga Shannedy yang menjabat sebgai Country Manager Qualcomm International.

Dua orang yang menginginkan teknologi ini agar cepat direalisasikan tersebut. mengkonfirmasi bahwasanya spektrum memang sangat dibutuhkan sampai saat ini. Bahkan dalam wawancara yang disampaikan oleh Shannedy bahwa spektrum merupakan sumber daya yang krusial yang bisa membantu kemajuan bangsa.

Baca Juga : Football Manager Akan Rilis di PS5 dan PS4 Pada November 2023

Related Post

error: Content is protected !!