Internet of Things (IoT)

Dec 12, 2023 #Internet of Things (IoT)
Internet of Things (IoT)Internet of Things (IoT)

Internet of Things atau IoT adalah jaringan perangkat yang saling terkait. Yang menghubungkan dan bertukar data dengan perangkat IoT lain dan cloud. Perangkat IoT biasanya dilengkapi dengan teknologi seperti sensor dan perangkat lunak dan dapat mencakup mesin mekanis dan digital serta objek konsumen.

Semakin banyak organisasi di berbagai industri yang menggunakan IoT untuk beroperasi secara lebih efisien. Memberikan layanan pelanggan yang lebih baik, meningkatkan pengambilan keputusan, dan meningkatkan nilai bisnis.

Dengan data dapat ditransfer melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi dari manusia ke manusia atau manusia ke komputer.

Sesuatu di internet bisa berupa seseorang dengan implan monitor jantung, hewan ternak. Dengan transponder biochip, mobil yang memiliki sensor bawaan untuk mengingatkan pengemudi ketika tekanan ban rendah, atau alam atau manusia lainnya. Membuat objek yang dapat diberi alamat Protokol Internet dan mampu mentransfer data melalui jaringan.

Ketahui Bagaimana cara kerja IoT

Ekosistem ini terdiri dari perangkat pintar berbasis web yang menggunakan sistem tertanam. Seperti prosesor, sensor, dan perangkat keras komunikasi untuk mengumpulkan, mengirim, dan bertindak berdasarkan data yang diperoleh dari lingkungannya.

Perangkat IoT berbagi data sensor yang mereka kumpulkan dengan menyambungkan ke gateway yang bertindak sebagai hub pusat tempat perangkat IoT dapat mengirim data. Sebelum data dibagikan, data juga dapat dikirim ke perangkat edge tempat data tersebut dianalisis secara lokal. Menganalisis data secara lokal mengurangi volume data yang dikirim ke cloud, sehingga meminimalkan konsumsi bandwidth.

Terkadang, perangkat ini berkomunikasi dengan perangkat terkait lainnya dan bertindak berdasarkan informasi yang mereka peroleh dari satu sama lain. Perangkat melakukan sebagian besar pekerjaan tanpa campur tangan manusia, meskipun orang dapat berinteraksi dengan perangkat tersebut — misalnya, untuk mengaturnya, memberikan instruksi, atau mengakses data.

Konektivitas, jaringan, dan protokol komunikasi yang digunakan dengan perangkat yang mendukung web ini sangat bergantung pada aplikasi IoT spesifik yang diterapkan.

Baca Juga : Artificial Intelligence: Teknologi Mengubah Kehidupan Manusia

Related Post

error: Content is protected !!