40 Tahun Macintosh, Komputer yang Mempopulerkan Mouse

40 Tahun Macintosh, Komputer yang Mempopulerkan Mouse40 Tahun Macintosh, Komputer yang Mempopulerkan Mouse

KOMPAS.com – Tanggal 24 Januari 2024 yang menandakan 40 tahun sejak pendiri Aplle, Steve Jobs yang mengumumkan kehadiran komputer Macintosh pada 24 Januari 1984.

Macintosh menjadi komputer yang pertama dengan tampilan antarmuka grafis (Graphical User Interfacel/GUI) yang berhasil juga dipasarkan secara massal. Komputer ini juga dapat memperoleh aksesori mouse komputer.

Adapun GUI yang merupakan antarmuka digital yang dapat memungkinkan pengguna berinteraksi dengan komponen grafis. Seperti ikon, tombol, dan menu di komputer. Interaksi ini dilakukan dengan menggunakan mouse komputer yang dapat mengontrol kursor pada dalam layar komputer.

Menurut siaran pers Apple pada tahun 1984, kehadiran mouse ini bisa membuat para penggunaan komputer lebih mudah. Pengguna tidak perlu repot-repot mengingat perintah keyboard saat memakai komputer itu.

Spesifikasi dan harga Macintosh

Komputer Macintosh yang pada masanya dijual seharga 2.495 dollar AS atau sekitar Rp 39,4 juta jika melihat pada kurs Rupiah sekarang (kurs Rp 15.805). Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari juga MacRumors (25/1/2024). Harga tersebut setara dengan lebih dari 7.000 dollar AS sekitar Rp 110,6 juta pada saat ini.

Paket pada penjualan sudah termasuk komputer Macintosh, keyboard, dan juga mouse. Ada juga boks aksesori yang mencakup disk sistem”A Guided Tour of Macintosh”. Disk cara penggunaan Macintosh, pita kaset, kaset kosong, kabel listrik, buku panduan, dan juga tombol Programmer’s key.

Dibanding spesifikasi komputer yang saat ini. Spesifikasi Macintosh ini tentunya masih sangat sederhana. Spesifikasi Macintosch mencakup prosesor 8 MHz, RAM 128 KB, ROM 64 KB, media pada penyimpanan (storage) berupa floppy disk drive dengan kapasitas 400 KB. Serta port untuk menghubungkan printer dan aksesori lainnya.

Selain itu ada juga carryng case dengan harga 99 dollar AS, 3 1/2 inc boks disk (10 disk) dengan harga 49 dollar AS dan ada juga drive ekternal dengan harga 495 dollar AS.

Baca Juga : Penampakan Google Pixel 9 dan 9 Pro, Makin Mirip iPhone

Related Post

error: Content is protected !!