Apple Diam-diam Siapkan 2 iPhone Lipat

Apple Diam-diam Siapkan 2 iPhone LipatApple Diam-diam Siapkan 2 iPhone Lipat

KOMPAS.com – Beberapa vendor ponsel seperti Samsung dan juga Oppo sudah memiliki produk ponsel lipat (foldable phone) sejak beberapa tahun lalu.

Kini, Apple tampaknya ingin mengikuti jejak Samsung dan Oppo. Kabar keberadaan ponsel lipat Apple kembali menyeruak. Perusahaan asal Cupertino, California, Amerika Serikat (AS) ini disebut tengah menyiapkan dua model iPhone lipat.

Hal ini mencuat laporan terbaru dari situs berita The Information. Laporan tersebut mengatakan bahwa kedua ponsel itu masih dalam bentuk purwarupa (prototip) yang memiliki mekanisme lipatan ala “kulit kerang” (clamshell) seperti Samsung Galaxy Z Flip Series.

Untuk mengatasi masalah pada layar ini. Apple yang konon tengah mencari sejumlah pemasok layar yang berbasis di wilayah Asia. Pemasok ini akan dipilih Apple apabila mereka mampu membuat layar lipat untuk iPhone dalam beberapa ukuran.

Bocoran iPhone Lipat Muncul Lagi, Mirip Samsung Galaxy Z Flip

Rumor soal ponsel lipat Apple, kembali menyeruak. Kabar terbaru ini menyebut bahwa iPhone lipat nantinya akan memiliki mekanisme clamshell atau menyerupai cangkang kerang. Mekanisme ini yang mirip ponsel lipat Samsung Galaxy Z Flip. Di mana ponsel dilipat secara vertikal dari atas ke bawah.

Walaupun purwarupa iPhone lipat ini sudah dibuat, bukan berarti Apple siap sepenuhnya terjun ke pasar smartphone lipat, mengikuti jejak vendor lain, seperti Samsung dan Huawei.

Adapun minat Apple terhadap ponsel lipat kabarnya maju mundur selama bertahun-tahun. CEO Apple, Tim Cook pada awal tahun 2018 sudah bertanya ke desainer dan juga engineer di Apple soal iPhone lipat. Di tahun yang sama, Cook juga menanggapi positif pada produk demo iPhonne lipat dengan layar 7 inci.

Tetapi Apple cukup khawatir dengan tantangan teknis sampai harga iPhone lipat yang bakal lebih mahal dibandingkan iPhonne biasa.

Awalnya, Apple ini mencanangkan iPhone lipat dengan layar luar yang dapat dilipat seperti Huawei Mate X. Akan tetapi, para engineer Apple kesulitan dalam mengatasi ketahanannya bisa memakai konsep tersebut.

Perlu dicatat bahwa produk ini masih berupa rumor. Apple sendiri belum membagikan kabar apapun tentang iPhone lipat maupun iPad lipat.

Baca Juga : Bocoran HP Baru HMD Tanpa Merek Nokia di Situs Resmi

Related Post

error: Content is protected !!