Cara Cek dan Update HyperOS di HP Xiaomi

Cara Cek dan Update HyperOS di HP XiaomiCara Cek dan Update HyperOS di HP Xiaomi

KOMPAS.com – Antarmuka baru Xiaomi – HyperOS kini sudah tersedia untuk sejumlah pengguna yang di Indonesia. Termasuk pengguna Redmi Note 12 dan juga Xiaomi 12 Lite 5G.

HyperOS ialah antarmuka (user interface/UI) terbaru Xiaomi. Menggantikan UI yang selama ini menemani smartphone bikinan perusahaan termasuk juga sub-brand Redmi dan Poco, disebut MiUI.

Update untuk Redmi Note 12 ini sudah digulirkan oleh Xiaomi di Indonesia sejak akhir Januari 2024. Pembaruan yang sama juga telah hadir untuk Xiaomi 12 Lite 5G di Indonesia.

Cara Cek Update HyperOS

  • Masuk menu Pengaturan (Settings)
  • Pilih menu Tentang ponsel (About phone)
  • Klik ikon logo MiUI yang ada pada tampilan paling atas
  • Bila update HyperOS sudah tersedia, maka akan muncul keterangan bahwa “pembaruan tersedia”
  • Jika belum, maka tampilannya masih disertai logo MiUI yang ter-instal

HyperOS Memiliki Beberapa Fitur Unggulan

Xiaomi HyperOS diklaim ringan karena firmware sistemnya pada ponsel cerdas hanya menempati 8,75 GB. HiperOS memiliki beberapa fitur unggulan, seperti HyperConnect, HyperMind, dan peningkatan keamanan. Adapun penjelasan fiturnya adalah sebagai berikut.

HyperConnect

Xiaomi mengusung teknologi HyperConnect yang memungkinkan pengguna bisa memegang kendali penuh atas semua perangkat yang terhubung dari mana saja.

Dengan teknologi ini, peralihan sumber kamera selama panggilan video, mengakses kamera dari berbagai perangkat, serta transfer data antar perangkat tanpa ada hambatan.

Tidak hanya antar perangkat saja juga dirancang untuk menghubungkan perangkat pribadi, mobil, dan juga produk rumah pintar dalam ekosistem pintar.

Kinerja stabil

Xiaomi menyebut, HyperOS bikinannya ini sangat unggul dalam penjadwalan tugas dan manajemen sumber daya. Dengan kemampuan tersebut, HyperOS diklaim memiliki kinerja stabil bahkan dalam skenario penggunaan yang berat.

HyperMind

HyperOS juga membawa teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), yang bernama HyperMind. HyperMind ialah pusat AI yang membuat perangkat jadi lebih proaktif. Teknologi ini mempelajari kebutuhan pengguna dan menyesuaikan perangkat sesuai kebutuhan.

Ini mendukung fitur-fitur seperti pembuatan ucapan, pencarian gambar, dan pembuatan karya seni AI. Aplikasi pihak ketiga juga bisa mendapatkan keuntungan dari subsistem AI ini.

Keamanan terenkripsi

Xiaomi ini mengungkapkan, HyperOS juga mengutamakan keamanan pengguna dengan menghadirkan Trusted Execution Environment (TEE) dan juga sistem enkripsi.

TEE perangkat keras khusus melindungi informasi sensitif serta memperluas keamanan ini ke perangkat yang saling terhubung. Ini menggunakan enkripsi ujung ke ujung untuk transmisi data.

Baca Juga : Teknologi “Robot Ai” Semakin Mendunia!!

Related Post

error: Content is protected !!