Ini Alasan Biznet Terapkan FUP: Batasi Kecepatan Internet

Ini Alasan Biznet Terapkan FUP yang Batasi Kecepatan InternetIni Alasan Biznet Terapkan FUP yang Batasi Kecepatan Internet

KOMPAS.com – Penyedia layanan internet kabel Biznet, mulai menerapkan kebijakan batas pemakaian yang wajar (Fair Usage Policy atau FUP) kepada seluruh pelanggan Biznet Home dan juga Biznet Metronet.

Dengan kebijakan ini, jika kuota habis, kecepatan internet pengguna Biznet ini akan turun mulai dari 5 Mbps hingga 30 Mbps, tergantung dengan paket yang dibeli.

Layanan Biznet ini menawarkan internet tanpa batasan FUP setiap bulannya. Lalu, apa alasan Biznet akhirnya menerapkan kebijakan FUP?

Melalui situs resmi Biznet, Presiden Direktur Biznet Adi Kusuma mengatakan bahwa alasan pihaknya menerapkan kebijakan FUP ialah untuk menangkal penyalahgunaan layanan internet perusahaan. Karena, Biznet menemukan layanannya disalahgunakan dengan dijual kembali secara ilegal.

Vice President Marketing Biznet Rian Surachman mengatakan, penyalahgunaan oleh oknum tersebut yang berpotensi merugikan pelanggan Biznet yang lain. Dampaknya dapat mengakibatkan koneksi internet secara keseluruhan menjadi terganggu.

Kecepatan Jadi 5-30 Mbps Setelah Kuota Habis

Kuota Internet yang diberikan, kata Rian, sudah disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing para pelanggan sesuai paket yang sudah mereka pilih. Misalnya untuk pelanggan Biznet Home Internet 1D memiliki internet 4.000 GB per bulan.

Biznet juga memiliki paket lain dengan besaran kuota yang beragam. Misal, ada paket Biznet Home Internet 0D dengan bandwidth 50 Mbps, harga Rp 250.000 per bulan, mendapatkan kuota 1.500 GB.

Paket Biznet Home Internet 2D 250 Mbps Rp 575.000, mendapatkan kuota 8.000 GB. Terakhir, paket Biznet Home Gamers 3D 300 Mbps Rp 700.000, memiliki internet10.000 GB.

Ketika jatah kuota bulanan habis, maka pelanggan telah mencapai batas pemakaian wajar (Fair Usage Policy atau FUP). Maka kecepatan internet akan turun ke 5 Mbps sampai 30 Mbps, tergantung paket yang dibeli.

Paket termurah Biznet Metronet 1A di zona 1 kini sudah menawarkan memiliki FUP atau kuota sebesar 6.500 GB dengan kecepatan 50 Mbps. Paket itu dibanderol seharga RP 1.000.000 per bulan. Ketika kuotanya habis, maka kecepatannya pun diturunkan menjadi 8 Mbps.

Baca Juga : Cara Cek dan Update HyperOS di HP Xiaomi

Related Post

error: Content is protected !!