Situs Web Ini Jadi “Kuburan” Produk Lawas Microsoft

Situs Web Ini Jadi "Kuburan" Produk Lawas MicrosoftSitus Web Ini Jadi "Kuburan" Produk Lawas Microsoft

KOMPAS.com – Sekelompok dari penggemar Microsoft yang dinakhodai pembuat website bernama Victor Frye. Membuat sebuah halaman disebut situs web yang didedikasikan untuk memampang produk-produk Microsoft yang sudah dipensiunkan.

Uniknya, laman website ini memiliki desain yang tampak seperti “kuburan” bagi produk-produk Microssoft yang sudah “mati”. Bisa dibilang begitu karena situs web ini memang bernama “Microssoft Graveyard” atau juga bisa diterjemahkan sebagai “Kuburan Microssoft”.

Logo dari website ini yang memiliki latar belakang (background) warna hitam tersebut menyerupai “batu nisan” dan juga ikon ini dipakai untuk aneka layanan serta produk yang sudah resmi dipensiunkan atau “dibunuh” Microsoft.

Beberapa di antaranya adalah seperti Windows 95, MS-DOS, Encarta, zune, Windows XP, Mixer, Silver Light, Kinect, Soundscape, Wordpad, Surface Duo, Xbox Live Gold, dan masih banyak lainnya lagi.

Selain ikon batu nisan, situs web Microsoft Graveyard ini juga menampilkan ikon yang menyerupai “peti mati” dan ikon. Ini juga diberikan pada fitur-fitur atau layanan Microsoft yang akan dipensiunkan dalam beberapa bulan atau tahun ke depan.

Microsoft Graveyard Terinspirasi dari Killed by Google

Pembuat website ini Frye mengatakan bahwa Microssoft Graveyard terinspirasi dari laman web “Killed by Google” yang sudah ada sejak beberapa waktu lalu.

Sama seperti Microsoft Graveyard, Killed by Google yang menampilkan sekitar 293 layanan, produk atau juga proyek Google yang sudah atau akan dipensiunkan dalam beberapa waktu ke depan.

Microsoft Graveyard ini sendiri sudah ada sekitar 75 fitur, produk. Serta layanan Microssoft yang tercantum di sana dan juga kemungkinan akan bertambah dengan seiring berjalannya waktu.

Microssoft Graveyard menampilkan fitur Azure Blueprints yang rencananya akan dipensiunkan Microssoft pada Juli 2026 mendatang. Fitur ini sederhananya berfungsi untuk mengelola berbagai operasi dan juga fitur, template, serta hal lainnya yang ada di layanan Azure.

Sementara di daftar paling bawah ada proyek “Bob” yang dihentikan oleh Microsoft pada 1996 lalu. Setelah dicanangkan kurang lebih setahun sebelumnya pada tahun 1995 lalu. Proyek ini sejatinya merupakan rencana Microsof untuk membuat tampilan antarmuka alternatif dari sistem operasi Windows versi awal.

Baca Juga : Apa Arti Error 500 di Browser dan Cara Mengatasinya

Related Post

error: Content is protected !!