Trafik Layanan Data Telkomsel yang Melonjak Saat Pemilu 2024

Trafik Layanan Data Telkomsel yang Melonjak Saat Pemilu 2024Trafik Layanan Data Telkomsel yang Melonjak Saat Pemilu 2024

KOMPAS.com – Trafik layanan data atau payload operator seluler “pelat merah” Telkomsel naik pada momen pemilihan umum (Pemilu) 2024 pada Rabu (14/2/2024) lalu. Dibanding hari biasa, peningkatan payload itu disebut sudah mencapai 8,41 persen.

Telkomsel mengatakan bahwa pada lonjakan trafik terbesar yang berasal dari layanan game. Yang sudah meningkat 17,70 persen dan pemanfaatan layanan akses video yang diklaim meningkat 13,20 persen dibanding hari biasanya.

Beberapa kategori layanan data lainnya juga mengalami peningkatan payload dibanding pada hari biasa. Seperti media sosial 9,80 persen, web browsing 9,40 persen, sampai layanan komunikasi seperti chat, messaging, dan lain sebagainya (4,56 persen).

Terkait media sosial, Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi di kategori tersebut tepat pada momen Pemilu 2024.

Peningkatan trafik layanan data ini didorong oleh banyaknya informasi mengenai Pemilu 2024

Berbicara pada peningkatan, sehari sebelum momen Pemilu 2024. Trafik layanan suara juga disebut naik sampai 10,4 persen dibandingkan hari biasa. Meskipun demikian, trafik layanan pesan singkat (SMS) disebut menurut 5 persen.

Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya pada payload layanan data Telkomsel di sejumlah keramaian yang ada di sekitar kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), yang sudah tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Beberapa di antaranya seperti titik-titik di KPU Kabupaten Merauke yang naik pada sekitar 269,6 persen. KPU Kabupaten Boven Digoel dengan 42,9 persen, KPU Daerah Bener Meriah dengan 37,2 persen. Sampai KPU Daerah Samosir yang naik sekitar 23,5 persen dari hari biasa.

Lebih detailnya lagi, optimalisasi jaringan Telkomsel ini dilakukan pada sekitar 680 titik keramaian. Termasuk titik operasional KPU, Bawaslu, sampai di lokasi penting lainnya yang berpotensi menjadi fokus perhatian selama pemilihan.

Telkomsel juga telah menyiapkan 13 Posko yang sudah tersebar di seluruh wilayah kerja perusahaan untuk memonitor kesiapan jaringan secara intensif dan juga real-time.

Baca Juga : Realmi Incar Segmen Anak Muda Lewat Kemampuan Kamera

Related Post

error: Content is protected !!