Facebook dan Instagram “Down” di Seluruh Dunia

Facebook dan Instagram "Down" di Seluruh DuniaFacebook dan Instagram "Down" di Seluruh Dunia

KOMPAS.com – Dari sejumlah layanan media sosial yang berada di bawah naungan Meta seperti Facebook, Instagram, Threads, dan juga layanan pesan Messenger Down tidak dapat diakses di seluruh dunia, termasuk Indonesia pada Selasa (5/3/2024) malam.

Pihak Meta sudah mengetahui hal ini. Selama down, pengguna tidak dapat mengakses konten-konten baru melalui aplikasi Instagram, baik itu konten Instagram Stories (IGS) maupun juga Instagram Feed.

Ketika mengakses Instagram Feed akan muncul informasi bahwa konten tidak dapat diperbarui atau “Couldn’t refresh the feed”.

Kemudian ketika kami mencoba mengunggah konten IGS, konten itu tidak akan bisa diunggah dan kami mendapatkan notifikasi “Story not uploaded”.

Penjelasan Meta, Penyebab Facebook dan Instagram “Down”

Media sosial yang berada di bawah naungan Meta yang termasuk Facebook dan Instagram tumbang alias down di seluruh dunia. Kedua layanan tersebut juga tidak dapat diakses pengguna di Indonesia sekitar pukul 22.00 WIB malam.

Menurut Meta, Down-nya Instagram sampai Facebook disebabkan karena masalah teknis. Kendati demikian, perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg itu berhasil memulihkan layanan dalam beberapa jam setelahnya.

Sayangnya dari perwakilan Meta itu tidak dapat memerinci masalah teknis yang membuat Facebook sampai Instagram down.

Kala itu Meta juga sudah menjelaskan bahwa tumbangnya layanan Facebook dan Instagram disebabkan oleh adanya perubahan konfigurasi yang tidak tepat pada router yang digunakannya untuk mengoordinasikan lalu lintas antarpusat data.

Selain Facebook dan Instagram, media sosial Meta lainnya yang down pada Selasa malam itu ialah Threads dan juga Messenger. Kedua aplikasi ini juga tumbang di waktu yang bersamaan dengan Facebook dan Instagram.

Ketika Instagram diakses fungsinya tidak berjalan sepenuhnya dengan baik untuk fitur Feed, Stories, dan lain sebagainya. Walaupun masih bisa menampilkan posting dari sejumlah pengguna namun postingnya terbilang lawas bukan yang terbaru.

Baca Juga : Mengapa Indonesia Perlu Perpres “Publisher Right”

Related Post

error: Content is protected !!