Steam Families: Cara Baru Berbagi Game dengan Keluarga

Steam Families: Cara Baru Berbagi Game dengan KeluargaSteam Families: Cara Baru Berbagi Game dengan Keluarga

KOMPAS.com – Platform distribusi game milik Valve, Steam sudah meluncurkan fitur terbaru bernama “Steam Families“. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dapat berbagi koleksi game dengan anggota keluarga dan juga sebaliknya.

Steam Families menggantikan fitur pendahulunya, Steam Family Sharing yang berguna untuk bisa sharing game dengan keluarga dan Steam Family View yang memungkinkan pengguna dapat membatasi akses anak dari sejumlah fitur di platform itu.

Perbedaannya, fitur baru Steam ini dapat menghapus batasan jumlah pengguna yang bisa bermain game dari perpustakaan (library) keluarga, agar mempermudah pembelian game untuk anak dan menambahkan kontrol orangtua.

Terkait dalam batasan jumlah pengguna, setiap anggota keluarga kini dapat mengakses atau meminjam library. Berbeda dari mekanisme yang sebelumnya memungkinkan satu pengguna untuk satu waktu meminjam library.

Adapun jumlah anggota keluarga di Steam Families yang dibatasi pada enam pengguna saja, sehingga sama seperti jumlah anggota di Steam Family Sharing. Jumlah perangkat yang dapat diotorisasi tidak terbatas dan berbeda dari batasan 10 perangkat di Family Sharing.

Cara Menggunakan Steam Families

Steam Families masih dalam tahap uji coba alias beta. Untuk mencobanya, pengguna harus bergabung dengan program beta Steam.

Caranya, pengguna membuka aplikasi (launcher) Steam, kemudian mengakses menu “Settings” > “Interface” > “Client Beta Participation”, dan memilih “Steam Family Beta”.

Setelah itu, aplikasi Steam akan diperbarui dan pengguna pun sudah dapat mencicip fitur berbagi itu. Adapun pembuatan Steam Families dilakukan dengan menuju halaman “Store”, lalu mengeklik akun > “Account Details” > “Family Management” > “Create a Family”.

Pengguna pun diinstruksikan untuk memilih nama keluarga, kemudian memberikan undangan kepada akun anggota keluarga di Steam.

Setelah undangan itu diterima, barulah pengguna dapat melihat dan meminjam isi library dari anggota keluarga itu. Sebaliknya, anggota keluarga juga dapat meminjam isi library dari pengguna.

Baca Juga : Status Telepon WhatsApp Tetap Berdering meski Nomor Tak Aktif

Related Post

error: Content is protected !!