Rekam Game di Steam Kini Tidak Perlu Pakai Aplikasi Lain

Rekam Game di Steam Kini Tidak Perlu Pakai Aplikasi LainRekam Game di Steam Kini Tidak Perlu Pakai Aplikasi Lain

KOMPAS.com – Platform distribusi game milik Valve, Steam, meluncurkan fitur baru bernama “Steam Game Recording“. Fitur ini memungkinkan pengguna Steam di komputer dan konsol genggam Steam Deck untuk merekam video game yang mereka mainkan dan membagikannya dengan mudah dan gratis.

Hadirnya fitur ini dapat memudahkan pengguna atau pembuat konten yang sering membagikan gameplaynya di media sosial. Semua game bahkan tidak tersedia di Steam dan juga dapat direkam jika pengguna telah menambahkannya ke Steam melalui menu Tambah Game>> Tambah Game Non-Steam<< di aplikasi distribusi game ini.

Sebelumnya, pengguna yang ingin merekam game di Steam harus menggunakan software pihak ketiga, seperti Nvidia ShadowPlay atau OBS.

Fitur perekaman video ini masih dalam tahap pengujian, namun dapat dicoba oleh seluruh pengguna yang mendownload Steam Beta terbaru, dengan cara membuka aplikasi Steam, masuk ke “Settings” > “Interface” > “Client Beta Participation” > “Steam Pembaruan Beta”.

Dua Mode Perekaman

Steam Game Recording menawarkan dua mode perekaman video yang bisa digunakan yaitu “Record in background” dan “Record on demand”. Mode “Rekam di Latar Belakang” akan langsung merekam video saat pengguna menjalankan game.

Dengan begitu, pengguna tidak akan melewatkan momen-momen penting yang tidak terduga, misalnya momen menghabisi seluruh musuh (Aces) pada game Counter-Strike 2 (CS2). Saat menggunakan mode ini, pengguna dapat menentukan durasi perekaman video diikuti dengan kualitas video. Nantinya Steam akan menghitung kira-kira ukuran file video yang direkam.

Misalnya, video berdurasi 120 menit dengan kualitas tinggi (High) dan bitrate 12 Mbps akan memiliki ukuran 10,8 GB. Video dengan durasi yang sama dengan kualitas terendah (Terendah) dan bitrate 1,5 Mbps akan memiliki ukuran 1,5 GB. Di sisi lain, “Record on demand” seperti namanya memungkinkan pengguna merekam sesuka hati.

Steam hanya akan merekam video jika pengguna menekan tombol Ctrl dan F11 secara bersamaan di keyboard. Perekaman berhenti setelah pengguna menekan tombol yang sama untuk kedua kalinya.

Gamer juga bisa menentukan kualitas rekaman video yang diinginkan, namun Steam tidak memberikan perkiraan ukuran filenya. Sebab, durasi video ini gratis sehingga ukuran filenya tentu menyesuaikan dengan durasi video.

Baca Juga : RAM Oppo A79 5G Bisa Ditambah Dua Kali Lipat

Related Post

error: Content is protected !!