Review SSD Eksternal Kingston XS1000, Kecil Tapi Ngebut!!!

Apr 5, 2024
Review SSD Eksternal Kingston XS1000, Kecil Tapi Ngebut!!!Review SSD Eksternal Kingston XS1000, Kecil Tapi Ngebut!!!

KOMPAS.com – Pabrikan memori Kingston pada beberapa waktu lalu memperkenalkan SSD eksternal bernama XS1000. Produk ini ialah versi yang lebih mudah terjangkau dari XS2000 yang diperkenalkan pada tahun 2021.

Kedua SSD eksternal sama-sama berbentuk kecil dan dengan desain yang identik. Perbedaan utamanya yang terletak pada interface yang digunakan. Kingston XS2000 memiliki koneksi USB 3.2 Gen 2×2 (20 Gbps), sementara XS1000 hanya datang dengan USB 3.2 2×1 (10 Gbps).

Kecepatan maksimal teoritis dari XS1000 pun hanya setengah dari XS2000. Tetapi, berdasarkan pengujian KompasTekno, Kingston XS1000 ternyata dapat mentransfer data dalam berjumlah besar sekalipun dengan kencang dan konsisten.

Kemasan Sederhana, Aksesori Minimalis
Paket penjualan Kingston XS2000 dapat dibilang sederhana dan minimalis. Kotak kemasannya yang berwarna dasar putih dan juga merah serta dengan gambar SSD yang diklaim sesuai ukuran aslinya.

Unit review yang diterima oleh KompasTekno datang dengan kabel USB C to USB C. Namun, di dalam boksnya sendiri hanya terdapat kabel USB A ke USB C dengan panjang sekitar 30 cm.

Praktis, Kencang dan Relatif Terjangkau

Selain ke PC dan laptop, karena datang dari pabrik dengan file system exFAT, Kingston XS1000 dapat tersambung ke gagdet mobile via kabel USB C ke USB C dan bisa digunakan layaknya flash disk OTG.

KompasTekno coba untuk menghubungkan SSD eksternal ini ke tablet dan smartphone Android. Di keduanya, XS1000 dapat berfungsi tanpa masalah, walaupun kecepatan transfer data ditentukan juga oleh jenis konektor USB di gadget yang bersangkutan.

Kingston XS1000 pun harusnya juga dapat dibaca tulis oleh komputer dengan sistem operasi Mac OS. Tentu saja, sepanjang file system yang digunakan adalah exFAT.

Overall, dengan bentuk kecil dan speed tinggi yang konsisten, Kingston XS1000 ialah pilihan menarik bagi pengguna yang membutuhkan media penyimpanan berkecepatan tinggi yang mudah untuk dibawa-bawa.

SSD Eksternal Kingston XS1000

Kelebihan:
+ Bentuk yang ringkas dan mudah dibawa
+ kecepatan tinggi dan juga konsisten
+ Harga yang relatif terjangkau

Kekurangan:
– Minim aksesori dan sofware pendamping
– Tidak ada rating IP.

Baca Juga : Ada 26 Miliar Data yang Bocor di Internet

Related Post

error: Content is protected !!