Elon Musk Membangun Superkomputer Baru untuk AI Grok

Elon Musk Membangun Superkomputer Baru untuk AI GrokElon Musk Membangun Superkomputer Baru untuk AI Grok

KOMPAS.com – Sejak boomingnya teknologi AI generatif ChatGPT besutan OpenAI pada tahun 2022, persaingan AI generatif semakin ketat dengan hadirnya raksasa teknologi lain seperti Google dengan AI generatif Bard dan Microsoft dengan Copilot.

Perusahaan kecerdasan buatan yang didirikan Elon Musk, xAI, pun tak mau ketinggalan. XAI berencana membangun superkomputer bernama “Gigafactory of Compute” untuk menjalankan chatbot AI generasi terbarunya, yaitu Grok.

Dalam panggilan telepon dengan investor, Elon dikabarkan mengungkapkan bahwa superkomputernya membutuhkan 100.000 unit pemrosesan grafis (GPU) H100 buatan Nvidia dan akan menelan biaya hingga miliaran dolar AS.

Superkomputer yang diproyeksikan siap pada pertengahan tahun 2025 ini juga dikatakan memiliki GPU empat kali lebih banyak dibandingkan cluster GPU terbesar yang tersedia saat ini, seperti yang digunakan Meta untuk melatih model AI-nya.

GPU H100 Dari Nvidia Dirilis Pada Tahun 2023 DiminatiPusat Data AI

Sangat diminati di pasar chip untuk pusat data AI. Namun tingginya permintaan unit pemrosesan grafis membuat ketersediaannya langka pada tahun lalu.

Belum jelas alasan xAI memutuskan untuk menggunakan teknologi generasi sebelumnya untuk superkomputer pada tahun 2025. Faktanya, Nvidia sedang bersiap meluncurkan GPU penerus H100, yakni B100 dan B200 berbasis Blackwell pada paruh kedua tahun ini.

Namun perlu diingat bahwa kabar ini belum bisa dipastikan kebenarannya. Kemungkinan rencana xAI menggunakan GPU Nvidia H100 nantinya akan berubah dan xAI malah akan menggunakan GPU terbaru dari Nvidia.

Untuk proyek superkomputernya, xAI juga dikabarkan akan berkolaborasi dengan Oracle, perusahaan penyedia sistem cloud computing. Kabarnya, xAI hampir mencapai kesepakatan dengan Oracle senilai 10 miliar dolar AS (Rp 160 triliun) untuk menyewa server AI.

Dalam panggilan konferensi dengan investor tahun lalu, CTO Oracle Lawrence Ellison memperkuat rumor tentang perusahaannya dan kemitraan xAI, dengan mengatakan bahwa mereka telah bekerja dengan Elon Musk untuk melatih model Grok.

Baca Juga : Realme Narzo N65 5G Meluncur: Chip Dimensity 6300

Related Post

error: Content is protected !!