Mixed reality (MR): Realitas Campuran

Dec 27, 2023 #Mixed reality (MR)
Mixed reality (MR)Mixed reality (MR)

Mixed reality (MR) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penggabungan lingkungan dunia nyata dan lingkungan yang dihasilkan komputer. Objek fisik dan virtual dapat hidup berdampingan dalam lingkungan realitas campuran dan berinteraksi dalam waktu nyata. Meskipun Mixed reality sudah berkembang pada tingkat yang sedikit lebih lambat daripada AR/VR. Para pemimpin pasar seperti Microsoft mulai memperkenalkan kepada dunia seperti apa itu potensi dan manfaat dari MR bagi pertumbuhan.

Realitas campuran telah digunakan dalam aplikasi di berbagai bidang termasuk desain, pendidikan, hiburan, pelatihan militer, perawatan kesehatan, manajemen konten produk, dan pengoperasian robot yang melibatkan manusia.

Pengalaman yang melapisi grafik, aliran video, atau hologram di dunia fisik disebut augmented reality. Pengalaman ini dapat menghalangi pandangan Anda untuk menghadirkan pengalaman digital yang sepenuhnya imersif adalah realitas virtual. Yang dapat bertransisi antara augmented reality dan virtual reality membentuk realitas campuran, di mana Anda dapat:

Saat pengguna berada dalam realitas virtual, hambatan fisik di sekitar mereka, seperti dinding dan furnitur, direpresentasikan secara digital dalam pengalaman sehingga pengguna dapat menghindari benturan dengan hambatan fisik tersebut.

Bagaimana Cara Kerja Realitas Campuran

Seperti yang sudah diketahui fungsi realitas campuran ini hampi mirip dengan augmented reality. Cara menggunakan MR yang saat ini berkembang berkat pengembangan alat dan sistem cerdas yang memungkinkan interaksi yang lebih baik lagi antara komputer, manusia dan benda.

Mixed Reality ini sangat bergantung pada hubungan yang berkembang antara manusia dan mesin. Untuk bekerja secara efektif, mixed reality ini harus dapat memahami berbagai tindakan dari seseorang di ruang tertentu.

Mixed Reality ini menggunakan serangkaian kamera, sensor, dan seringkali teknologi yang sudah disempurnakan dengan Artificial Intelligence (AI). Agar memproses data tentang suatu ruang dan menggunakan informasi tersebut untuk menciptakan sebuah pengalaman yang disempurnakan secara digital.

Ketika pengguna telah memakai satu set kacamata MR. kamera dan sensor di kacamata itu akan terhubung ke program perangkat lunak yang mengumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang lingkungan. Yang pada dasarnya akan menciptakan peta virtual dunia nyata. Dengan menggunakan peta virtual ini, teknologi MR pun dapat menambahkan gambar dan konten holografik ke dunia nyata melalui penggunaan pada proyeksi gambar.

Baca Juga : Perkembangan Games di Masa Depan

Related Post

error: Content is protected !!