Mengenal Codec Audio Bluetooth: SBC, AAC, aptX, LDAC

Jan 17, 2024 #Codec Audio Bluetooth
Mengenal Codec Audio Bluetooth: SBC, AAC, aptX, LDACMengenal Codec Audio Bluetooth: SBC, AAC, aptX, LDAC

Suara.com – mengenal codec audio bluetooth seperti SBC, AAC,aptX dan juga LDAC yang menjadi salah satu hal mungkin berguna buat anda penikmat musik yang hendak membeli bluetooth baru. Seperti TWS sampai headset bluetooth yang dapat digunakan salah satu codec audio tersebut.

Bluetooth sudah menjadi salah satu perangkat yang penting bagi pecinta musik. Tetapi jika Anda ingin mendapatkan hasil suara yang lebih terbaik maka Anda perlu untuk mempertimbangkan codec Bluetooth mana yang ingin Anda pilih.

Jika Anda ingin mendengarkan musik melalui perangkat Bluetooth dengan kualitas yang terbaik, Anda perlu menggunakan codec Bluetooth dengan kualitas yang lebih tinggi daripada codec AAC dan SBC.

Mengenal Codec Audio Bluetooth: SBC, AAC, aptX, LDAC

1. SBC

Kedalaman Bit: 16-bit
Tingkat Pengambilan Sampel: Hingga 48kHz
Kecepatan Bit: 328Kbps

SBC atau codec subband ialah codec default (dan satu-satunya) yang didukung oleh sebagian besar perlengkapan audio yang berbiaya rendah dan merupakan perangkat yang sering digunakan ketika opsi kualitas lebih tinggi tidak tersedia.

SBC tidak buruk sebab codec ini mampu untuk menghasilkan kualitas audio yang lebih baik daripada CD dalam hal kedalaman bit dan dengan kecepatan pengambilan sampel (masing-masing 16-bit dan 48kHz), tetapi itu hanya dalam kondisi yang paling ideal.

2. AAC

Kedalaman Bit: Hingga 24-bit
Tingkat Pengambilan Sampel: 44.1kHz
Kecepatan Bit: Hingga 320Kbps

AAC (Advanced Audio Codec) ialah codec Bluetooth yang digunakan Apple. Tetapi yang perlu diketahui, SBC menawarkan laju pengambilan sampel (sedikit) lebih baik dan laju bit maksimum dibandingkan AAC, meskipun kinerjanya lebih buruk, terutama pada perangkat Apple.

3. AptX

Kedalaman Bit: 16-bit (AptX); Hingga 24 bit (AptX HD)
Tingkat Pengambilan Sampel: 48kHz (AptX); 48kHz (AptX HD)
Kecepatan Bit: Hingga 384Kbps (AptX); 576Kbps (AptXHD)

Ada beberapa versi codec AptX Qualcomm, masing-masing dengan tujuan yang berbeda. Beberapa di antaranya adalah AptX standar, AptX LL (latensi rendah) untuk bermain game, AptX HD untuk audio berkualitas tinggi, dan AptX Adaptive, yang menggunakan kecepatan bit adaptif untuk menawarkan kombinasi latensi lebih rendah dan kualitas lebih tinggi.

4. LDAC

Kedalaman Bit: Hingga 24-bit
Tingkat Pengambilan Sampel: Hingga 96kHz
Kecepatan Bit: Hingga 990Kbps

Jika Anda ingin memaksimalkan spesifikasi saat streaming melalui Bluetooth, codec LDAC Sony menawarkan kemampuan yang luar biasa.

Streamingnya mencapai 990Kbps, dengan laju pengambilan sampel hingga 96kHz. Ini memungkinkan beberapa audio berkualitas tertinggi pada saat terbaiknya, tetapi mode fallbacknya cukup sejalan dengan codec lainnya, serendah 16-bit dan 330Kbps.

Baca Juga : 5 Pemain Mobile Legend Terkaya

Related Post

error: Content is protected !!