Intip bocoran baru fitur AI di iOS 18

Intip bocoran baru fitur AI di iOS 18Intip bocoran baru fitur AI di iOS 18

JAKARTA Rumor sudah lama beredar mengenai potensi integrasi kecerdasan buatan (AI) Apple dengan seri iPhone 16 dan iOS 18 mendatang. Dari bocoran Apple Insider, seperti dilansir Gizmochina, Sabtu (4/5/2024), aplikasi inti iOS Apple – Safari, Spotlight Search, Siri, Mail, dan Messages, semuanya dijadwalkan mendapatkan peningkatan AI. Bagian tengahnya tampaknya adalah Model Bahasa Besar (LLM) baru pada perangkat yang dijuluki “Ajax.”

Sistem ini akan mampu menghasilkan kalimat lengkap sebagai respon terhadap masukan pengguna. Kabarnya, Ajax akan menganalisis teks tersebut dan menawarkan beberapa kemungkinan balasan. Balasan akan diurutkan berdasarkan keakuratan dan relevansi.

Selain itu, LLM dikatakan mampu mengidentifikasi kata kunci dan frasa untuk menghasilkan ringkasan di aplikasi Safari dan Pesan.

Fitur Cerdas AI memungkinkan pengguna mendapatkan ringkasan singkat halaman web

Apple juga dapat mengintegrasikan model AI-nya dengan perangkat dan aplikasi. Hal ini dilaporkan dapat mengidentifikasi kontak dalam pesan teks dan menarik informasi yang relevan dari aplikasi Kalender untuk membantu pengguna membuat tanggapan yang sesuai konteks.

Siri juga akan mendapat manfaat dari AI. Laporan tersebut menunjukkan bahwa asisten suara mungkin menawarkan ringkasan atau tanggapan yang disederhanakan berdasarkan isi pesan.

Meskipun semua tugas ini akan dilakukan di perangkat, tugas yang lebih kompleks seperti pembuatan teks kreatif atau analisis mendalam mungkin masih bergantung pada pemrosesan cloud. Ada rumor bahwa Apple sedang menjajaki kemitraan dengan OpenAI dan Google untuk tugas ini.

Namun, Apple Insider mengatakan bahwa raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino ini sangat fokus pada privasi pengguna dan mencari cara untuk meminimalkan pemrosesan berbasis cloud.

Menjelang Konferensi Pengembang Dunia (WWDC), kemungkinan besar Apple akan secara resmi mengungkap fitur-fitur bertenaga AI ini.

Baca Juga : Assassin’s Creed Mirage Akan Hadir di iPhone dan iPad pada Juni

Related Post

error: Content is protected !!