Tanda-tanda GTA V Bakal Bisa Dimainkan di Android

Apr 13, 2024 #.Android #GTA 5 #GTA V
Tanda-tanda GTA V Bakal Bisa Dimainkan di AndroidTanda-tanda GTA V Bakal Bisa Dimainkan di Android

KOMPAS.com – Sejumlah developer pihak ketiga (third-party) diketahui saat ini tengah berupaya untuk dapat melakukan porting game open-world Grand Theft Auto V (GTA/5GTA V) ke platform Android, Linux dan juga Nintendo Switch.

Dengan begitu jika berhasil, GTA 5 akan bisa untuk dimainkan di ketiga platform itu. Sebelumnya GTA 5 ini sendiri hanya dapat dinikmati di PC Windows, Konsol PS3, PS4, PS5, Xbox 360, Xbox One, dan juga Xbox Series X/S.

Foto yang diunggah GTA Focal menunjukkan pada layar loading GTA 5 di perangkat Android atau juga perangkat berbasis arsitektur ARM64. Hal ini dapat dilihat dari kode erornya yang menyinggung “ARM64“.

Layar loading tersebut sedang mengalami eror. Karena, proses porting GTA 5 ke platform Android, Linux dan juga Nintendo Switch dilaporkan masih berada di tahap awal dan belum sampai tahap gameplay.

Tetapi, hal ini menunjukkan bahwa Rockstar Games selaku publisher bisa saja untuk melakukan porting GTA 5 ke Android, Linux serta Nintendo Switch. Meskipun performa game itu di ketiga platform itu mungkin tidak akan seperti di PC atau konsol.

Pakai Sumber Kode yang Bocor

Para developer ini melakukan porting GTA 5 ke Nintendo Switch. Android dan juga Linux dengan memanfaatkan sumber kode (source code) GTA 5 Online yang sempat bocor pada Desember 2023 tahun lalu.

Kode sumber ialah kumpulan instruksi yang ditulis dengan bahasa pemrograman, yang dapat digabung (compile) menjadi sebuah program komputer. Dalam konteks game, kode sumber yang dicuri dan dapat disalahgunakan misalnya untuk menyebarkan virus atau juga membuat cheat. Oleh karena itu, developer biasanya merahasiakan kode sumber ini.

Insiden kebocoran ini dilakukan juga oleh anggota kelompok peretas (hacker) Lapsus$. Phil yang juga mengeklaim sudah mencuri kode sumber GTA 6. Informasi rahasia seputar game Bully 2, Midnight Club 5 dan juga konten tambahan (expansion) GTA 5 yang dibatalkan.

Source code GTA 5 ini disebarkan oleh Phil lewat platform perpesanan instan Telegram. Lalu, bocoran kode itu sudah disebar pula oleh pihak lainnya di aplikasi chat Discord dan situs darkweb.

Baca Juga : Tecno Pova 6 dan Pova 6 Neo Meluncur dengan Baterai Jumbo

Related Post

error: Content is protected !!