Nikon Z6 III Resmi, Mirrorless Pertama Partially-Stacked CMOS Sensor

Nikon Z6 III Resmi, Mirrorless Pertama Partially-Stacked CMOS SensorNikon Z6 III Resmi, Mirrorless Pertama Partially-Stacked CMOS Sensor

KOMPAS.com – Produsen kamera Nikon pada pekan ini memperkenalkan mirrorless terbarunya yang diberi nama Z6 III. Uniknya, Nikon Z6 III diklaim menggunakan sensor berjenis “partially-stacked CMOS” pertama di dunia.

Berbeda dengan sensor full-stack yang rangkaian elektroniknya mencakup seluruh area piksel pada posisi bertumpuk. Sensor part-stacked hanya menempatkan rangkaian pembacaan data pada bagian atas dan bawah area piksel.

Hasilnya, kecepatan pembacaan data sensor part-stacked jauh lebih cepat dibandingkan sensor CMOS non-stacked. Namun harganya lebih murah dibandingkan sensor full-stack meskipun kecepatannya masih belum sebanding.

Dalam dunia fotografi, sensor full-stack biasanya hanya terdapat pada model andalan dengan harga mahal, seperti Sony A1 serta Z8 dan Z9 dari Nikon sendiri.

Nikon Z6 III hadir menawarkan jalan tengah seperti performa yang mendekati kamera kelas atas, tetapi dengan harga yang jauh di bawahnya. Di kisaran 2.500 dollar AS Rp 40 jutaan.

Sebagai perbandingan, Nikon Z8 yang memiliki sensor full-stack dibandrol dengan harga 4.000 dollar AS atau sekitar Rp. 65 juta saat diluncurkan tahun lalu.

Kecepatan Tinggi dan Viewfinder Terang

Dengan chip pengolah gambar Expeed 7 seperti yang ada di kamera andalan Niko. Z6 III diklaim memiliki kecepatan pembacaan 3,5 kali lebih cepat dibandingkan model sebelumnya. Z6 II yang menggunakan sensor CMOS biasa alias non-stacked.

Keuntungannya antara lain kecepatan operasional yang tinggi. Misalnya saja Nikon Z6 III yang disebut-sebut mampu dalam memotret 20 frame per detik (fps) untuk format RAW resolusi penuh (24,5 MP), atau sampai 60 fps untuk JPEG.

Fitur menarik lainnya pada Nikon Z6 III adalah Electronic Viewfinder dengan tingkat kecerahan yang diklaim paling tinggi untuk kamera mirrorless. Yakni mencapai 4.000 nits dengan resolusi 5,67 juta titik.

Z6 III juga memiliki layar sentuh LCD dengan engsel artikulasi penuh yang bisa diputar menghadap segala arah, termasuk ke arah depan.

Untuk media penyimpanannya, Nikon Z6 III menyediakan satu slot kartu memori CFExpress yang dapat digunakan untuk pengambilan gambar burst kecepatan tinggi dan video N-RAW, serta satu slot SD UHS-II.

Nikon berencana akan mulai merilis Z6 III ke pasaran pada akhir Juni 2024. Selain versi body only seharga 2.500 dollar AS, varian kit juga ditawarkan dengan lensa Nikkor Z 24-70 mm f/4 /S untuk 3.100 dollar AS (Rp 51 juta).

Baca Juga : Samsung Bikin Sepatu Pintar: Kontrol Ponsel dengan Gerakan Kaki

Related Post

error: Content is protected !!